CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sabtu, 14 Februari 2009

NYonTek

Musim final test....

Begitu juga dengan kampus v. Selama dua minggu ini mahasiswa di kampus v sibuk dengan final test untuk semester ganjil tahun ajaran 2008/2009.

V, sebagai dosen diwajibkan untuk ikut serta mengawasi proses ujian yang berlangsung. V kemudian menemukan:


1. Seorang mahasiswa v yang menggunakan tempat pensilnya sebagai tempat untuk meletakkan kepek-an-nya(bahasa jawa-jimat kalo di pekanbaru)dengan anggapan v tidak melihat aksi mahasiswa tsb. (note. http://images.inimagine.com/digitalvision/dv697/dv697053.jpg).


2. Sesuai dengan gambar yang v ambil di http://collegejolt.com/wp-content/uploads/2008/10/cheating.jpg, ada juga mahasiswa v yang meletakkan tasnya di atas pahanya kemudian mengintip kepek-an yang sudah disiapkan sebelumnya di dalam tas tersebut.


3. Ada lagi, mahasiswa v yang menggunakan tangannya untuk menutupi kepek-annya, bahkan menggunakan ada juga mahasiswa v yang melapisi kepek-annya dengan soal ujian, yang mengisyaratkan seolah-olah mahasiswa v tersebut sedang membaca soal ujian tsb dengan sungguh2; innocent face mode *on :-p (note. http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/5a/Cheating.JPG).


4. Ini dia yang paling biasa dilakukan oleh mahasiswa v. (note. http://www.topics-mag.com/edition13/images-ch/copy-paper.jpg)

Duluuuuu banget, waktu v masih di SMU, v berani banget nyontek, malah di kartu ujian EBTANAS juga v tulisin kepek-an. Apapun v lakukan demi nilai yang tinggi.

Tapi, giliran v udah kuliah, v udah ga berani lagi. Mau nyiapin kepek-an malah malas bgt. Bahkan walaupun v udah nyiapin kepeak-an, pada saat ujian, v jadi ga berani ngeliat. Jangankan membaca atau menyalin isi kepek-an, mengambil dari tas atau tempat pensil aja tangan v gemetar hehehe

Ga tau juga napa v tiba2 jadi anak yang baik. Mungkin karena pengawas ujiannya galak, entahlah.. i dunno.. hehe

Tapi satu hal yang v pelajari, walaupun kita berusaha tetap tidak ketahuan nyontek, ngepek, atau cheating, teteup aja tingkah laku kita kelihatan dari tempat duduk pengawas ujian di depan, ga bisa macem-macem d... Mesti ketahuan hehehe Perkara pengawas ujiannya menindak kita atau tidak, dimasukin nama kita dalam berita acara ujian atau tidak, itu mah hak prerogatif mereka.

Jadi, buat mahasiswa, pinter-pinter dong nyonteknya hehehe

2 komentar:

The Bitch mengatakan...

it's gonna be long, so hold your breath...

seingetku selama aku sekolah aku cuma nyontek 2x. SD kelas 5 pas ulangan matematik dan SMA kelas 2 pas fisika. dua-duanya karena aku nggak siap sama sekali.

sebenernya aku bukan anak baik. aku suka mabuk, sering ngeganja dan sering pulang pagi. nilaiku biasa aja. cuma sekali jadi juara 2 waktu SMA kelas 1, itu pun karena dapet kelas paling bandel dan pada demen dugem.

ibuku selalu bilang kalo ulangan atau ujian itu biar guru dan muridnya tau sampe bates mana pengetahuan masing2. ortuku nggak pernah menghukum kalo nilaiku jelek. jadi, nilai jeblok bukan dosa. tapi aib.

kupikir pemahaman tentang nyontek = dosa adalah salah. itu yg selalu dibilang guru2ku waktu SD. along the way, kita nggak percaya dosa. tapi lebih percaya nilai rapor dan KHS. dosa bisa dipikir belakangan karena pertaruhan rapor dan KHS lebih menegangkan.

anak2 yg nyontek itu masih ngejar nilai bagus biar lulus, biar ga malu2in, atau biar ga digebugin ortunya.

keknya lebih asik kalo dari kecil anak2 dibikin malu nyontek. mungkin kuncinya ada pada kata PENGHARGAAN.

hihi... jadi bikin posting sendiri.

halo, bu dosen!!!

(=

Veni mengatakan...

allow..

makasi commentnya yah

buat v, nyontek juga ga dosa, yang penting nilai nya okey, cuma jangan ketahuan aja hehehe