CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sabtu, 17 Mei 2008

MBa dAmAR Qu...

Baca Anak Kos Dodol, v jadi ingat berbagai kejadian yang terjadi selama tiga tahun v ngekost di kosan pak Bakat. Kosan v itu beralamat di Pogung Kidul SIA XVI/III/5, Yogyakarta. Terdiri dari 3 lantai dengan jumlah kamar 30-an. Kamar v sendiri ada di lantai 3.

Waktu itu pertengahan 2001, dan v tinggal di kost itu bareng kakak sepupu v yang kamarnya di lantai dua, namanya mba Ana. Kamar mba Ana berada di pojok ruangan, dan di kelilingi oleh anak2 Lampung yang lagi kuliah di Ekstensi Sipil UGM, mba Nana, mba Uli, n mba Devi, plus satu orang anak FK'99 UGM namanya Pungky. V yang sering nongkrong di kamar mba Ana, secara otomatis juga berteman dengan mba2 itu. Salah seorang dari mba2 tsb-mba Uli- senang banget ngenalin teman2nya ke kami, termasuk mba Damar.


Mba Damar ini anaknya asik, banyak omong, tampilan luar ceria selalu, juga pintar, backgorund pendidikannya psikologi ugm, penari pula, tapi belum selesai kuliah, sementara dia angkatan 94 atau 95 (mudah2an benar). Hampir tiap hari mampir ke kost n juga ikut nimbrung kalo mba Uli ngobrol ama v n mba Ana, lama2 hub v n mba Ana dengan mb Damar jadi semakin dekat dan kami pun masuk ke dalam fase "teman curhat." Mba Damar selalu bercerita tentang cowonya yang sedang kerja di Kalimantan, yang udah ngajakin dia nikah (belum ngelamar secara resmi), ga ada hari yang dilewatkan mba Damar tanpa cerita tentang co-nya. Sampai suatu hari mba Damar datang ke kost n nangis, nyari mba Ana, tapi karena mba Ana lagi sibuk dengan tugas kuliahnya di Pascasarjana Geografi, dengan terpaksa mba Damar curhat sama v. Sambil menagis mba Damar menceritakan bahwa co-nya harus menikahi anak pemilik kos-annya di Kalimantan karena anak bapak kos nya itu udah hamil, hasil hubungan co-nya mba Damar dengan si ce (sebut saja si co: Arif dan si ce: Retno). Saking asiknya curhat mba Damar sampe lupa untuk merahasiakan satu hal yang selama ini disembunyikannya dengan sangat rapi. Ternyata mba Damar udah sangat lama putus dengan Arief, akan tetapi dalam pikiran mba Damar selalu saja Arief itu masih pacarnya, dan ternyata pula penyebab mba Damar sering nongkrong di kosan v, karena selama ini anak kosnya ngejar2 dia buat bayar tagihan telpon kost yang biayanya 1jt-an-mba Damar sering nelpon ke Kalimantan. Pada waktu itu, 1jt-an besaaaaar banget artinya buat anak kost.

Setelah beberapa bulan kemudian mba Damar pindah ke kost v, mba Damar ga pernah lagi kuliah, kerjanya cuma di kost aja pake daster hitam, masak, nonton tv, nyanyi, leyeh-leyeh, ngegosip ama v n d'gank. Sampe tahun 2004, v udah selesai s1, mbak Ana udah nikah dan melanglang buana ke Mataram, karena suami mba Ana kerja di sana. Mba Uli, mba Nana, mba Novi udah pulang ke Lampung, v pun udah mulai matrikulasi di MM, tapi hidup mba Damar tetap stag seperti itu. Ngakunya ke anak2 baru, mba Damar sedang mengambil s2. Sampe sekarang pun, tahun 2008, beberapa hari sebelum v balik ke pku (tiga tahun setelah v pindah dari kost pak Bakat), mba Damar masi nge kost disana n bertingkah laku seperti di atas, dasteran, nyanyi2, nonton tv.

Satu ketika, mba Damar minta agar v menolong dia, keluar dari masalahnya. Tapi bagaimana v bisa mengubah kondisi tersebut kalo mba Damarnya sendiri sama sekali tidak mau berusaha mengubah dirinya? Mudah2an Allah melindunginya.....

3 komentar:

Anonim mengatakan...

ngekos emang seruu..berbahagialah yang pernah merasakannya, hidup anak kos yogyaaa! mmuah!

Veni mengatakan...

Aduh mba.. maksi banget ya udah baca blog v hehehe seneng d

Anonim mengatakan...

Mbak veni, tulisannya makin bagus dan beragam. Aku makin sering berkunjung ke sini.

Mau minta alamat sama nomor HP Mbak veni neh, boleh ya, yaaaa. Kirim ke email firhanusa@yahoo.com ya Mbak. Aku tunggu. Tengkiyu :)